Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di SDIT Izzati Depok

  • Haekal Fajri Amrullah Universitas Ibnu Khaldun
  • Maemunah Sa'diyah Universitas Ibnu Khaldun Bogor
  • Abdul Hayyie Al Kattani Universitas Ibnu Khaldun Bogor

Abstract

Manajemen komunikasi merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan dalam sebuah lembaga pendidikan terutama oleh kepala sekolah dalam memberikan motivasi kepada guru-guru dalam meningktkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kepala sekoah SDIT Izzati Depok melaksanakan manajemen komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pencarian data dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini adalah kepala sekolah SDIT Izzati Depok manjalankan manajemen komunikasi dengan tahapan-tahapan seperti perencanaan menyiapkan pesan motivasi dalam setiap kegiatan. Pengorganisasian memanfaatkan sumber daya dalam menjalankan komunikasi. Pelaksanaan komunikasi dijalankan dengan mempraktikan semua perencanaan dan memilih media komunikasi yang tepat. Terkahir pengawasan adanya supervisi yang dijalankan sekaligus mengevaluasi komunikasi yang dijalankan.

Published
2022-07-31
How to Cite
AMRULLAH, Haekal Fajri; SA'DIYAH, Maemunah; AL KATTANI, Abdul Hayyie. Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di SDIT Izzati Depok. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 478-486, july 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/536>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.536.