Praktik Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pembentukan Wirausaha Muda pada Siswa SMA

  • ida ayu andriani Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Mustika Dewi

Abstract

Pembentukan wirausaha muda sangat dibutuhkan untuk mengembangkan perekonomian yang ada di Indonesia. Semakin banyak terbentuknya wirausaha muda maka dapat mengurangi pengangguran. Pembentukan wirausaha muda tersebut dapat melalui pendidikan dan pemanfaatan media sosial. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur besarnya pengaruh praktik pembelajaran kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial terhadap pembentukan wirausaha muda pada siswa SMA Negeri 1 Taman. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode pendekatan asosiatif. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa ada pengaruh antara praktik pembelajaran kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial terhadap pembentukan wirausaha muda pada SMA Negeri 1 Taman. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai alpha 0,05. Pada analisis regresi linier berganda juga menunjukkan nilai konstanta sebesar 18,442 dan  memiliki nilai positif.

Published
2022-07-31
How to Cite
ANDRIANI, ida ayu; DEWI, Retno Mustika. Praktik Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pembentukan Wirausaha Muda pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 457-465, july 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/532>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.532.