Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Penerapan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS di SMP menjadikan siswa kurang aktif merupakan pembelajaran satu arah. Model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair – Share (TPS) salah satu model pembelajaran yang inovatif, efektif dan sebagai upaya meningkatkan aktivitas siswa di dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran tersebut. Analisis data dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dimana terdapat kelompok ekperimen dan kontrol pengambilan sampel menggunakan purposive sample yaitu kelas VII SMP Al Islam yang nilai rata-rata siswanya rendah. . Analisis data uji T-test untuk mengetahuai uji beda antara kelas ekperimen dan kontrol. Hasil uji hipotesisi hasilnya nilai t hit (3,801) > t tabel (2, 0262) yang bermaksud ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antar kelas kontrol dengan kelas eksperimen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.