Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Statistika

  • Andi Asma IAIN MANADO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh strategi pembelajaran berbasis lingkungan terhadap pemahaman dan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MA An Nashar kota Makassar. Sampelnya adalah Kelas XI.A MA An Nashar yang berjumlah 20 dan Kelas XI.B MA An Nashar yang berjumlah 20. Jenis Penelitian Eksperimen dengan rancangan factorial design. Dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen tes berbentuk essay. Dianalisis dengan menggunkan analisis multivariate (one way manova). Adapun hasil penelitian ini bahwa Hasil belajar pada kelas XI.A (pembelajaran berbasis lingkungan) dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa  pada kelas XI.B (pembelajran ekspositori) memiliki hasil dalam kategori sedang. Pemahaman siswa pada kelas XI.A dalam kategori tinggi sementara pemahaman siswa pada kelas XI.B dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan pengaruh strategi pembelajaran berbasis lingkungan terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa matematika pada materi statistika

Published
2022-07-31
How to Cite
ASMA, Andi. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 528-532, july 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/527>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.527.