Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Statistika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh strategi pembelajaran berbasis lingkungan terhadap pemahaman dan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MA An Nashar kota Makassar. Sampelnya adalah Kelas XI.A MA An Nashar yang berjumlah 20 dan Kelas XI.B MA An Nashar yang berjumlah 20. Jenis Penelitian Eksperimen dengan rancangan factorial design. Dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen tes berbentuk essay. Dianalisis dengan menggunkan analisis multivariate (one way manova). Adapun hasil penelitian ini bahwa Hasil belajar pada kelas XI.A (pembelajaran berbasis lingkungan) dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada kelas XI.B (pembelajran ekspositori) memiliki hasil dalam kategori sedang. Pemahaman siswa pada kelas XI.A dalam kategori tinggi sementara pemahaman siswa pada kelas XI.B dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan pengaruh strategi pembelajaran berbasis lingkungan terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa matematika pada materi statistika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.