Strategi Pengembangan Produk dalam Penelitian dan Pengembangan pada Pendidikan Jasmani

  • Pinton Setya Mustafa Universitas Islam Negeri Mataram
  • Prayogi Dwina Angga Universitas Mataram

Abstract

Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan telah melewati ragam prosedur yang sistematis serta perlu teruji kelayakan dan kepraktisannya untuk digunakan. Langkah awal dalam menentukan spesifikasi produk yang relevan adalah melakukan analisis kebutuhan selama di lapangan. Banyak ragam strategi yang digunakan dalam menghimpun berbagai masalah dari hasil analisis kebutuhan guna membuat inovasi pengembangan produk. Tujuan dari artikel ini adalah menyajikan ragam strategi yang dapat dilakukan dalam mengembangkan produk dalam penelitian dan pengembangan khususnya di bidang pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan yang dianalisis dengan cara pendekatan kualitatif. Strategi merupakan rencana yang matang untuk meminimalkan atau menghindari masalah dan mengoptimalkan potensi untuk mencapai tujuan. Dengan adanya strategi yang tepat akan mengakibatkan produk dari hasil penelitian dan pengembangan akan mendapatkan hasil yang valid dan praktis digunakan. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, produk pengembangan dapat berupa model pembelajaran, media, modifikasi alat, sumber belajar, dan instrumen penilaian. Kesimpulan yang didapat dari studi kepustakaan ini, strategi yang digunakan dalam pengembangan produk perlu melewati studi pendahuluan, pengembangan dan validasi produk, serta pengujian produk.

Published
2022-07-31
How to Cite
MUSTAFA, Pinton Setya; ANGGA, Prayogi Dwina. Strategi Pengembangan Produk dalam Penelitian dan Pengembangan pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 413-424, july 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/522>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.522.