Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 9 Pontianak

  • Vira Aryani Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Judyanto Sirait Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan multirepresentasi peserta didik pada materi hukum Newton. Metode yang digunakan yaitu survey yang melibatkan 92 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak tahun ajaran 2021/2022. Data diambil menggunakan soal pilihan ganda sebagai instrument tes yang memuat 3 situasi soal hukum Newton (bidang datar kasar, bidang miring kasar, dan katrol) dengan 3 bentuk representasi (simbol, diagram gaya, dan matematis). Hasil analisis data memperoleh rata-rata kemampuan multirepresentasi peserta didik pada materi hukum Newton tergolong rendah yaitu 43,72%. Rata-rata kemampuan multirepresentasi peserta didik pada situasi bidang datar kasar sebesar 56,88%, bidang miring kasar 30,80% dan katrol sebesar 43,48% dengan rata-rata merepresentasikan soal ke dalam representasi simbol sebesar 65,94%, representasi diagram gaya sebesar 44,57% dan representasi matematis sebesar 20,65%. Rendahnya kemampuan multirepresentasi peserta didik ini perlu ditingkatkan dengan melakukan pengenalan pada bentuk-bentuk representasi dalam pembelajaran fisika sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran berbasis multirepresentasi guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika terutama hukum Newton.

Published
2022-07-31
How to Cite
ARYANI, Vira; SIRAIT, Judyanto; HAMDANI, Hamdani. Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 520-527, july 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/518>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.518.