Kolaborasi antara Peran Pendidik di Rumah dan Pendidik di Sekolah dalam Membimbing Cara Bergaul dengan Teman Sebaya (Fase 7 Tahun Kedua)

  • Faris Fathan R Universitas Ibnu Khaldun
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibnu Khaldun
  • Widyasari Yahya Universitas Ibnu Khaldun

Abstract

Peran orangtua dalam mendidik anak sangatlah penting. Pendidikan yang baik mampu membekali anak dalam menghadapi kehidupannya di masa mendatang.Termasuk mengajari bagaimana cara bergaul dengan Teman-Temanya yang sebaya maupun tidak. Setiap orangtua wajib mempelajari seni mengasuh dan mendidik anak apalagi di era modern saat ini dengan tantangan dan ujian yang luar biasa. Salah satu contoh memberikan pendidikan yang baik pada anak adalah dengan memasukan anak ke sekolah-sekolah yang baik yang mengajarkan agama, adab dan lain-lain. Sebagai orangtua kita tidak boleh melepaskan penuh pendidikan kepada guru-guru yang ada di sekolah. Bukan berarti memasukan anak ke sekolah yang bagus sudah memenuhi kebutuhan pendidikan yang baik bagi anak. Orangtua dan Guru harus berkolaborasi dalam mendidik, supaya keseimbangan terjadi dan mendapatkan hasil yang baik. Apalagi saat anak memasuki fase baligh yang ada di fase tujuh tahun kedua. Tidak bisa semua di serahkan kepada guru yang ada di sekolah, dan juga belum tentu orangtua memiliki pengetahuan yang luas dalam mendidik di fase ini. Maka itu diperlukan kolaborasi antara guru dan orangtua.

Published
2024-05-01
How to Cite
FATHAN R, Faris; RAHMAN, Imas Kania; YAHYA, Widyasari. Kolaborasi antara Peran Pendidik di Rumah dan Pendidik di Sekolah dalam Membimbing Cara Bergaul dengan Teman Sebaya (Fase 7 Tahun Kedua). Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 374-380, may 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/978>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.978.
Section
Social Education