Kompetensi Kepribadian Pengasuh Asrama Pendidikan di Pesantren

  • Zainurroyyan Utsman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Hayyie Al-Kattani Universitas Ibnu Khaldun
  • Ulil Amri Syafri Universitas Ibnu Khaldun

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pengemabangan ilmu dan teknologi. Jika pendidik di dalam suatu pendidikan itu dilakukan oleh orang tua, maka pondok pesantren dibimbing langsung oleh guru asrama atau lebih dikenal sebagai pengasuh asrama yang dimana memiliki tugas pokok dan fungsi untuk membimbing, mengasuh, mengontrol, membina, dan mengevaluasi santri dalam kegiatan sehari-hari. Metode penelitian dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang kriteria-kriteria yang harus dimiliki pengasuh asrama yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian diantaranya adalah bersikap santun, memiliki wibawa, penyayang dan lain sebagainya. 


 

Published
2024-04-30
How to Cite
UTSMAN, Zainurroyyan; AL-KATTANI, Abdul Hayyie; SYAFRI, Ulil Amri. Kompetensi Kepribadian Pengasuh Asrama Pendidikan di Pesantren. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 412-424, apr. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/972>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.972.
Section
Science Education