Analysis of Types and Levels of Learning Difficulties in Tajweed Lessons of MTs Qurrotu'ain Al Maaliki Students

  • Ridham addimasyqi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kesulitan belajar siswa MTs Quratu’ain Al Maaliki Bogor tahun pelajaran 2023/ 2024 pada pelajaran tajwid dengan menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan non eksperimen yang berlokasi di MTs Qurrotu’ain Al Maaliki Bogor. Pemilihan sampel penelitian ini dengan memilih seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX MTs Qurrotu’ain Al Maaliki Bogor tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data peneliti gunakan adalah angket tes hasil belajar diagnostik. Instrumen yang dikembangkan merupakan modifikasi dari indikator pemahaman konsep menurut Benyamin S. Bloom. Hasil dari tes diagnostik dianalisis menggunakan analisis kombinasi jawaban dan ditentukan persentase kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jenis kesulitan siswa dalam memahami konsep dan tujuan ilmu tajwid dengan tingkat kategori kesulitan rendah (8,69%,). Jenis kesulitan belajar siswa pada indikator menentukan contoh relevan dengan tingkat kategori sedang (41,74%).  Jenis kesulitan belajar siswa dalam menyimpulkan konsep tajwid dengan tingkat kategori tinggi (66,95%).

Published
2024-04-27
How to Cite
ADDIMASYQI, Ridham; TAMAM, Abas Mansur; ALIM, Akhmad. Analysis of Types and Levels of Learning Difficulties in Tajweed Lessons of MTs Qurrotu'ain Al Maaliki Students. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 283-289, apr. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/964>. Date accessed: 16 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.964.
Section
Social Education