Urgensi Pendidikan Seni terhadap Perkembangan Aspek Berpikir Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa
Abstract
Seni merupakan sesuatu yang merangsang pikiran, emosi, keyakinan, atau gagasan seseorang melalui indra. Penerapan Pendidikan seni sejak dini dapat menyeimbangkan cara berpikir siswa antara otak kanan dan kiri. Dengan penerapkan Pendidikan seni siswa mampu memanfaatkan kreativitas, imajinasi, dan eksplorasi artistik untuk mendukung hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dari berbagai sumber termasuk hasil penelitan, ide, mapupun gagasan dari peneliti-peneliti sebelumnya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Pendidikan seni sangat penting diterapkan untuk mendukung dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berfikir pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian, perkembangan otak kiri dan kanan akan seimbang.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.