Urgensi Pendidikan Seni terhadap Perkembangan Aspek Berpikir Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa

  • Siti Robietha Luqqy Billah Madrasah Aliyah Darul Muta’allimin, Sugihwaras, Patianrowo- Nganjuk
  • Ahmad Khuza'i Faruq Madrasah Aliyah Darul Muta’allimin, Sugihwaras, Patianrowo- Nganjuk
  • Adhe Irham Thoriq Madrasah Aliyah Darul Muta’allimin, Sugihwaras, Patianrowo- Nganjuk

Abstract

Seni merupakan sesuatu yang merangsang pikiran, emosi, keyakinan, atau gagasan seseorang melalui indra. Penerapan Pendidikan seni sejak dini dapat menyeimbangkan cara berpikir siswa antara otak kanan dan kiri. Dengan penerapkan Pendidikan seni siswa mampu memanfaatkan kreativitas, imajinasi, dan eksplorasi artistik untuk mendukung hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dari berbagai sumber termasuk hasil penelitan, ide, mapupun gagasan dari peneliti-peneliti sebelumnya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Pendidikan seni sangat penting diterapkan untuk mendukung dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berfikir pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian, perkembangan otak kiri dan kanan akan seimbang.

Published
2024-01-31
How to Cite
BILLAH, Siti Robietha Luqqy; FARUQ, Ahmad Khuza'i; THORIQ, Adhe Irham. Urgensi Pendidikan Seni terhadap Perkembangan Aspek Berpikir Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 181-186, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/958>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.958.
Section
Social Education