Pengembangan Augmented Reality Book sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Siswa SD di Kabupaten Blitar
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk untuk mengetahui kevalidan produk serta mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality Book dapat meningkatkan kemampuan Visual Spasial peserta didik. Instrument yang digunakan penelitian ini yaitu angket dan tes dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE dalam 5 tahapan yaitu 1 analisis kebutuhan (analyze), 2 membuat rancangan produk (design), 3 pengembangan media (development), 4 uji validasi ahli (Implementation), dan 5 revisi produk (evaluation). Teknik Pengumpulan data penelitian pengembangan ini menggunakan angket/kuesioner penilaian dengan analisis data menggunakan skala likert, dari beberapa Uji Ahli yaitu Uji Ahli Media, Ahli Materi dan Ahli Bahasa yang bertujuan untuk menilai kevalidan produk dan guru untuk menguji kelayakan produk. Instrumen tes diberikan kepada siswa untuk mengukur peningkatan kemampuan visual spasial. Berdasarakan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut penilaian oleh ahli media 97,5% dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya hasil validasi ahli materi 95% artinya sangat valid dan hasil validasi ahli Bahasa 80,5% artinya media yang dikembangkan cukup valid dengan revisi kecil. Sedangkan penilaian kelayakan produk oleh guru diperolah hasiil 95% yang dapat dimaknai media sangat layak di uji coba kepada siswa. Hasil gain-score menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan visual spasial pada siswa sebesaar 0,96 dengan kategori peningkatan tinggi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.