Pengembangan Booklet Keanekaragaman Burung Famili Alcedinidae di Tepi Sungai Mangkusip Sebagai Suplemen Pembelajaran Keanekaragaman Hayati

  • Yoga Pratama Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurul Hidayati Utami Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Mahrudin Mahrudin Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

Abstract

Burung air adalah jenis burung yang seluruh hidupnya berkaitan dengan daerah perairan dalam mendapatkan sumber daya makanan. Salah satu pengembangan Booklet berbasis potensi lokal yang dapat dikembangkan ialah keragaman famili Alcedinidae. Salah satu materi mata pelajaran Biologi yang dapat diaplikasikan dengan potensi lokal yaitu materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keragaman famili Alcedinidae di tepi sungai Mangkusip, mendeskripsikan validitas Booklet yang dikembangkan tentang keragaman famili Alcedinidae di tepi Sungai Mangkusip Desa Tanta Kabupaten Tabalong sebagai suplemen pembelajaran Keanekaragaman Hayati di SMA, dan mendeskripsikan kepraktisan Booklet yang dikembangkan tentang keragaman famili Alcedinidae di tepi Sungai Mangkusip Desa Tanta Kabupaten Tabalong sebagai suplemen pembelajaran Keanekaragaman Hayati di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development) yang pada mengacu pada pengembangan model Plomp (1997) yang terdiri atas 5 fase. Hasil uji validitas memperoleh hasil Sangat valid, hasil uji kepraktisan mendapatkan hasil sangat baik, berdasarkan hal tersebut maka Booklet dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran.

Published
2024-01-31
How to Cite
PRATAMA, Yoga; UTAMI, Nurul Hidayati; MAHRUDIN, Mahrudin. Pengembangan Booklet Keanekaragaman Burung Famili Alcedinidae di Tepi Sungai Mangkusip Sebagai Suplemen Pembelajaran Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 138-146, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/946>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.946.
Section
Science Education