Pengaruh Metode Problem Based Learning Vs Metode Quantum Teaching dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di Sekolah Dasar

  • Ariandari Ariandari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rufii Rufii Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hartono Hartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara yang diajar menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) Vs metode Quantum Teaching peserta didik Kelas III SDN Kebonsari Kulon 1 dan SDN Kebonsari Kulon 3 2) mengetahui perbedaan kemampuan awal (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar peserta didik Kelas III SDN Kebonsari Kulon 1 dan SDN Kebonsari Kulon 3  3) mengetahui pengaruh interaksi terhadap hasil belajar antara metode Problem Based Learning (PBL) dan metode Quantum Teaching dan kemampuan awal peserta didik Kelas III SDN Kebonsari Kulon 1 dan SDN Kebonsari Kulon 3


Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksoerimental design.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa  1) perbedaan hasil belajar antara kelompok peserta didik dengan pembelajaran metode Problem Based Learning dan dan kelompok peserta didik dengan pembelajaran menggunakan metode Quantum Teaching, 2)Terdapat perbedaan hasil belajar  antara kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, dan 3) Terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran menggunakan metode Problem Based Learning dengan metode Quantum Teaching dan kemampuan awal  terhadap hasil belajar peserta didik

Published
2024-01-31
How to Cite
ARIANDARI, Ariandari; RUFII, Rufii; HARTONO, Hartono. Pengaruh Metode Problem Based Learning Vs Metode Quantum Teaching dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 106-119, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/938>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.938.
Section
Social Education