Keefektifan Model PjBL untuk Mencapai Berpikir Divergen Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan

  • I Made Mastra Suwena Biology Education, Lambung Mangkurat University, North Banjarmasin, South Borneo
  • Nurul Hidayati Utami Biology Education, Lambung Mangkurat University, North Banjarmasin, South Borneo
  • Sri Amintarti Biology Education, Lambung Mangkurat University, North Banjarmasin, South Borneo

Abstract

Pembelajaran Abad  21 menuntut peserta didik dan pendidik menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Guru berperan penting dalam pemilihan model pembelajaran. Project Based Learning (PjBL) merupakan model yang menjadikan proyek sebagai pembelajaran. Salah satu hal penting untuk dalam pmebelajaran adalah hasil belajar serta kemampuan berpikir divergen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan divergen dengan menggunakan model pembelajaran proyek jika dibandingkan dengan perlakuan kelas direct instruction pada materi perubahan lingkungan kelas X SMAN 1 Alalak (2) mendeskripsikan respon peserta didik kelas X SMAN 1 Alalak setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran proyek pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Sampel penelitian ini kelas X1 (35 orang) sebagai kelas eksperimen dan X2 (35 orang) sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dari hasil LKPD (berpikir divergen) dan angket respon peserta didik. Teknik analisis LKPD dan respon peserta didik dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model PjBL berpengaruh pada kemampuan berpikir divergen peserta didik dalam kategori tinggi dengan rerata nilai 21,04 pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol kategori sedang dengan rerata 12,19 (2) respon peserta didik terhadap penggunaan model PjBL pada pembelajaran materi perubahan lingkungan dalam kategori setuju (nilai angket 75,78%.)

Published
2024-01-30
How to Cite
SUWENA, I Made Mastra; UTAMI, Nurul Hidayati; AMINTARTI, Sri. Keefektifan Model PjBL untuk Mencapai Berpikir Divergen Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 26-34, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/912>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.912.
Section
Science Education