Strategi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Siswa di SMPN 2 Doko Kabupaten Blitar

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Siswa di SMPN 2 Doko Kabupaten Blitar

  • Umi Nahdiyah universitas nahdlatul ulama blitar
  • Nanang Zamroji Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Laela Lutfiana Rachmah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Dalam upaya mendisiplinkan shalat lima waktu, di SMPN 2 Doko mengadakan sholat dengan berjamaah sebagai bentuk kedisiplinan siswa dalam hal sholat. Selain itu diberikannya pembelajaran agama sebagai nilai tambah dalam upaya membina serta penanaman kedisplinan beribadah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan harapan membentuk kepribadian siswa yang taat beribadah sholat. Dalam kegiatan ini guru PAI memberikan strategi yang cukup baik. Tujuan penelitian seberapa bimbingan sholat lima waktu memberikan peran kepada sikap disiplin beribadah sholat. Menggunakan metode kualitatif yakni gabungan kualifikasi data dengan hasil mengamati. Peneliti mendeskripsikan gambaran pendekatan kualitatif yang selanjutnya Peneliti menginterprestasi dan menjabarkan data berdasarkan perolehan dari lapangan. Mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Guna meningkatkan disiplin beribadah sholat, Guru PAI menerapkan strategi diantaranya mendampingi sholat berjamaah, membiasakan sholat dhuha berjamaah, melaksanakan istigosah sebelum pelaksanaan ulangan sekolah, memperingati mauled Nabi Muhammad SAW. Dalam melaksanakan strateginya, menggunakan sistem evaluasi yaitu satu bulan sekali. Tetapi perlunya ada motivasi maupun pendampingan dan pengarahan dari Guru PAI dalam mendisiplinkan sholat lima waktu, supaya siswa dapat menerapkan wajibnya sholat dengan penuh semangat tanpa rasa malas. Evaluasi bisa dilihat dari buku mentoring atau buku penghubung antara guru dan orang tua. Luaran dari penelitian ini berupa artikel ilmiah di jurnal pendidikan sinta 4.

Published
2024-01-25
How to Cite
NAHDIYAH, Umi; ZAMROJI, Nanang; RACHMAH, Laela Lutfiana. Strategi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Siswa di SMPN 2 Doko Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-7, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/900>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.900.
Section
Social Education