Upaya Meningkatkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media "PATEMBAGAN"

Bahasa indonesia

  • Anggriani Fatkhunia Fani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Tria Mardiana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ari Suryawan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Alviana Kurniawati SD Bantul Timur, Yogyakarta

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Bantul Timur. Tujuan yang ingin sdicapai dalam penelitian adalah untuk meningkatkan efektifitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Bantul Timur. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Bantul Timur yang berjumlah 28 anak. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 35,71% dari 57,14% pada siklus I meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media PATEMBAGAN dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Bantul Timur.

Published
2024-01-31
How to Cite
FANI, Anggriani Fatkhunia et al. Upaya Meningkatkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media "PATEMBAGAN". Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 158-165, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/897>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.897.
Section
Science Education