The Contribution of Lifelong Learning to Non-Formal Automotive Vocational Education for Stakeholders in Educational Institutions

  • Muhammad Idris Effendi Universitas Negeri Malang
  • Fadliyanti Firdausia Universitas Negeri Malang
  • Lailatul Nurjanah Universitas Negeri Malang
  • R. Machmud Sugandi Universitas Negeri Malang

Abstract

Penduduk yang terdidik dan terampil adalah aset berharga bagi suatu negara dalam menghadapi dinamika perkembangan ekonomi dan industri. Implementasi dan pengembangan pendekatan Pembelajaran Sepanjang Hayat (Lifelong Learning) dalam pendidikan vokasi non-formal di bidang teknik otomotif memiliki dampak positif yang luas pada berbagai pihak. Pendekatan ini memberikan peluang bagi individu untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka di luar pendidikan formal, memungkinkan pemerintah meningkatkan kualifikasi tenaga kerja, yang mendukung daya saing ekonomi negara dan menciptakan masyarakat yang lebih terdidik. Bagi pengusaha, Lifelong Learning memastikan tenaga kerja yang terampil dan relevan dengan perkembangan industri, meningkatkan produktivitas dan kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar. Penyelenggara pendidikan memainkan peran penting dalam menyusun program pembelajaran yang responsif dan efektif, sedangkan masyarakat secara keseluruhan mendapat manfaat dengan menciptakan lingkungan ekonomi yang stabil, meningkatkan kesetaraan pendidikan, dan meningkatkan kualitas hidup. Investasi dalam pendidikan vokasi non-formal berbasis Lifelong Learning adalah langkah strategis untuk membangun masyarakat yang terampil, berpengetahuan, dan berdaya saing di era yang terus berkembang.

Published
2024-04-29
How to Cite
EFFENDI, Muhammad Idris et al. The Contribution of Lifelong Learning to Non-Formal Automotive Vocational Education for Stakeholders in Educational Institutions. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 314-322, apr. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/889>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.889.
Section
Science Education