Pengembagan Media Pembelajaran E-Comic dalam Peningkatan Literasi Siswa SMP pada Pembelajaran PPKn
Abstract
Dampak positif globalisasi diantaranya efisiensi ruang. Banyak obyek yang diubah dalam bentuk elektronik sehingga mudah diakses dan disimpan. Termasuk di dalamnya buku, komik, surat kabar dan bacaan-bacaan lainnya. Disamping itu kemampuan generasi-Z dalam dunia digital telah terlatih sejak dini. Hal ini menjadi potensi pendukung dalam upaya digitalisasi pendidikan, diantaranya penggunaan media-media pembelajran berbasis elektronik. Penelitian ini menjelaskan pengembangan media e-comic guna meningkat literasi siswa sehingga menghasilkan pemahaman atas konsep pembelajaran yang diajarkan, utamanya dalam pembelajaran PPKn di SMP. Peneliti memilih pixton sebagai pembuat media e-comic ini karena pixton mudah diakses dan gratis, serta fitur fitur yang dibutuhkan juga memenuhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil validasi produk yang dibuat dan isi materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,6% dan 85% yang berarti media atau produk layak digunakan. Hasil pengembangan ini diujicobakan di SMP Wiyata Dharma dengan subjek penelitian adalah siswa dan siswi kelas VIII. Hasil uji coba produk diperoleh respon guru terhadap penggunaan produk sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Respon siswa baik dalam skala kecil maupun besar memperoleh presentase 88,75% dan 81,75% dengan kategori sangat baik. Sehingga media ini dapat dinyatakan valid dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.