Pengaruh Metode Bernyanyi dalam pembelajaran Matametika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan kemampuan mengingat siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain Quasy Experimental Design dan menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif komparasional yakni untuk membandingakan pengaruh kemampuan mengingat siswa yang diajarkan menggunakan metode bernyanyi dengan siswa yang diajarkan tidak menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri Pondok Pucung 04. Metode pengumpulan data mengguankan observasi, tes dan studi dokumentasi. Jika dilihat dari hasil N-gain skor terdapat perbedaan nilai kelas kontrol 0,41 masuk dalam kategori sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,62 dalam kategori sedang, dengan selisih 0,21. Kelas kontrol memiliki rata-rata dari nilai posttes sebesar 74,67 dan kelas eksperimen memiliki rata-rata 81,83 dengan selisih perbedaan niali rata-rata kelas eksperimen dan kontrol adalah sejumlah 7,16 dengan thitung 2,133 dan f-hitung 0,120 dan juga nilai signifikan 0,037 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ho diterima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.