Pengembangan Media Handout Elektronik dengan Cara Pembuatan Infografis Aplikasi Canva for Education di SMAN 1 Dringu Kabupaten Porbolinggo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media handout elektronik dengan cara pembuatan infografis aplikasi canva for education di SMAN 1 Dringu Kabupaten Porbolinggo. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, Analisis (Analyze), Desain (Design), Development (Pengembangan), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 1 Dringu Kabupaten Porbolinggo. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap buku saku pembelajaran bahasa lampung termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase rata-rata 80%, dengan skor 81 dan skor maksimal 100. Pengembangan media handout ini diujicobakan dalam skala kecil terbatas pada 10 siswa pada 3 aspek meliputi aspek materi, bahasa, dan minat. Hasil menunjukkan bahwa kualitas handout baik dengan proporsi validasi hasil 80,07%. Respon siswa terhadap materi ajar handout kriteria sangat menarik dan layak dijadikan media pembelajaran. Secara keseluruhan, pada tahap evaluasi media handout elektronik dengan cara pembuatan infografis aplikasi canva for education di SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo dalam pembelajaran PPKn terbukti sangat efektif dengan ketuntasan peserta didik mencapai 90 %

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.