Pengembangan Rumanti: Media Belajar Bahasa dan Aksara Jawa dalam Ruang Informasi Sekolah Berbasis Aplikasi Whatsauto

  • Johan Argono Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ibud Priono Leksono Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Harwanto Harwanto Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ruang informasi yang mudah, cepat, sederhana, efektif, dan efisien bagi pencari informasi sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif. RUMANTI merupakan layanan informasi yang yang mudah, sederhana, cepat, efektif, dan efisien dan mampu memberikan tambahan edukasi terutama pada bahasa dan aksara Jawa, dimulai dengan hasil validasi ahli materi menyatakan sangat valid dengan persentase 97%, ahli media menilai sangat valid dengan persentase 93%, ahli desain menilai sangat valid dengan persentase 87%, hingga saat diuji kelompok kecil juga menilai sangat valid dengan persentase 87%, dan akhirnya diuji pada kelompok besar mendapatkan nilai sangat valid dari kelompok besar yang terdiri dari siswa, guru/karyawan dan wali murid yang menilai 90%, 94%, dan 92%. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ruang informasi sekolah melalui aplikasi WhatsAuto ini terbukti dapat menjadi layanan informasi sekolah yang mudah, sederhana, cepat, efektif, dan efisien. Selain hal tersebut, program ini mampu memberikan tambahan edukasi, terutama pada bahasa dan aksara Jawa.

Published
2023-10-23
How to Cite
ARGONO, Johan; LEKSONO, Ibud Priono; HARWANTO, Harwanto. Pengembangan Rumanti: Media Belajar Bahasa dan Aksara Jawa dalam Ruang Informasi Sekolah Berbasis Aplikasi Whatsauto. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 614-628, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/863>. Date accessed: 10 dec. 2023. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.863.
Section
Social Education