Pengembangan Media Anyflip Berbasis Strategi Pembelajaran PjBL pada Mata Pelajaran IPA di SDN Kenanten Mojokerto

  • Dony Teguh Budiman Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Achmad Noor Fatirul Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Djoko Adi Waluyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Anyflip berbasis model PjBL pada mata pelajaran IPA yang layak.  Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Kenanten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA.Model pengembangan yang digunakan adalah Dikc and Carey. Proses pengembangan melibatkan ahli isi mata pelajaran,  ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan.  Penggunaan pengembangan media Anyflip berbasis model PjBL Dikc and Carey untuk mata pelajaran IPA ini efektif dapat meningkatkan interaksi belajar aktif.  hasil penelitian pengembangan ini adalah (1)  pengembangan media Anyflip IPA dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan guru dan siswa melalui angket kebutuhan yang diberikan oleh pengembang, (2) hasil validasi ahli materi,  ahli media,  dan ahli desain pada produk pengembangan media berbasis model PjBL pada mata pelajaran IPA dengan kriteria sangat layak untuk dikembangkan, dan (3)  berdasarkan hasil penelitian pengembangan  media Anyflip berbasis model PjBL pada mata pelajaran IPA dapat ditarik kesimpulan bahwa media berbasis model pjbl digunakan dalam mengembangkan kemampuan dalam mendesain pembelajaran kreatif,  inovatif dan menarik

Published
2023-10-31
How to Cite
BUDIMAN, Dony Teguh; FATIRUL, Achmad Noor; WALUYO, Djoko Adi. Pengembangan Media Anyflip Berbasis Strategi Pembelajaran PjBL pada Mata Pelajaran IPA di SDN Kenanten Mojokerto. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 801-814, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/862>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.862.
Section
Science Education