Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Vs Pembelajaran Langsung dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XII

  • Ninik Rokhmatin Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ibut Priono Leksono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ujang Rohman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian yang bersifat eksperimen ini dilaksanakan menggunakan rancangan faktorial design 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang terdiri empat kelas dengan 120 Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Trawas dan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pacet. Subyek yang menjadi fokus eksperimen diambil acak klasikal, yaitu empat kelas XII. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji statistika Analysis of Variant (Anova) Dua Jalur. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan Model Project Based Learning (PjBL) dengan metode Pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar mapel Sejarah siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Trawas dan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pacet, (2) ada perbedaan Motivasi Belajar terhadap hasil mapel Sejarah siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Trawas dan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pacet, dan (3) Ada interaksi Model Project Based Learning (PjBL) dengan metode Pembelajaran Langsung dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar mapel Sejarah siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Trawas dan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pacet.

Published
2023-10-31
How to Cite
ROKHMATIN, Ninik; LEKSONO, Ibut Priono; ROHMAN, Ujang. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Vs Pembelajaran Langsung dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 784-800, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/859>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.859.
Section
Social Education