Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terpadu Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Inkuiri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Sains

  • Gatot Sutriyo Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Achmad Noor Fatirul Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Djoko Adi Waluyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode CTL dan Inkuiri terhadap prestasi belajar Sains siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang akan digunakan didalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan factorial 2 x 2. Ini berdasarkan jumlah variable yang ada, yaitu: Variabel bebas, Variabel moderator, Variabel terikat yai. Dalam penelitian ini untuk menganalisis data digunakan analisis varian (Anava) tiga jalan 2x2x2 dengan sel tak sama. Namun sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis diperoleh t-hitung  3,065 >  1,978 dan peluang kesalahan (p)  0,003 <  0,05,  dengan demikian ada perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran tipe CTL dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran tipe Inkuiri. Nilai rata-rata peserta didik adalah 71,48 sedangkan nilai rata-rata peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Inkuiri adalah 65,78.  hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe CTL memberikan hasil yang berbeda dibandingkan dengan model pembelajaran tipe Inkuiri. 

Published
2023-10-30
How to Cite
SUTRIYO, Gatot; FATIRUL, Achmad Noor; WALUYO, Djoko Adi. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terpadu Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Inkuiri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Sains. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 714-724, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/858>. Date accessed: 10 dec. 2023. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.858.
Section
Science Education