Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Teams Assisted Individual (TAI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

  • Andi Yuliyanto Universitas Pgri Adi Buana Surabaya
  • I Nyoman Sudana Degeng Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Retno Danu Rusmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI diberikan pada kelas eksperimen 1 dengan jumlah 25 siswa, sedang model pembelajaran kooperatif TPS diberikan pada kelas eksperimen 2 dengan jumlah 26 siswa. Sedangkan variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu Variabel Bebas, Variabel Moderator dan Variabel Terikat. Berdasarkan uji validitas nilai rhitung > r tabel (pada signifikan 0,05,  dan r  tabel sebesar 0,220 ).  Maka Ho diterima artinya skor butir indikator berkolerasi positif dengan skor faktor (total), sehingga butir pernyataan dinyatakan valid. Dari hasil pengukuran reliabilitas diperoleh apa untuk instrumen 0,787 >  0,5. maka Ho diterima skor butir indikator berkolerasi positif dengan skor faktor (total), dengan demikian butir-butir soal yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dinyatakan reliabel. Dari uji normalitas dan uji homogenitas varian diketahui bahwa data nilai  prestasi belajar matematika memenuhi asumsi distribusi normal dan varians dan homogen sehingga dapat dilanjutkan pada analisis Anova 2 jalur. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa uji persyaratan analisis Anova 2 jalur telah terpenuhi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI  lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS .

Published
2023-10-31
How to Cite
YULIYANTO, Andi; DEGENG, I Nyoman Sudana; RUSMAWATI, Retno Danu. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Teams Assisted Individual (TAI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 777-783, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/857>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.857.
Section
Science Education