Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Membaca terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN Kedungsolo pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Annisah Olvirawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan membaca. Membaca merupakan salah satu kegiatan yang fundamental, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, permasalahan yang kerap muncul adalah rendahnya minat membaca. Peneliti bermaksud untuk mencari tahu bagaimana pengaruh lingkungan sekolah dan minat membaca terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDN Kedungsolo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Populasi yang dipilih yakni siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa dan diambil sampel dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang dipakai berupa angket dan tes/penilaian. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dilakukan uji validitas & reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah terhadap keterampilan membaca siswa, pengaruh signifikan minat membaca terhadapketerampilan membaca siswa, dan terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah dan minat membaca terhadap keterampilan membaca siswa. Adapun nilai koefisien determinasi diketahui sebesar 22,9%.

Published
2023-10-30
How to Cite
OLVIRAWATI, Annisah; WATI, Tri Linggo. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Membaca terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN Kedungsolo pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 690-701, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/852>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.852.
Section
Social Education