Realitas Bernalar Kritis Elemen Profil Pelajar Pancasila Wacana Membaca Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

  • Saptono Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Risfa Fuadatun Nadlifah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Pembelajaran karakteristik bercirikan kepribadian bangsa merupakan fundamental terpenting dalam pengembangan potensi anak didik menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak, berpengetahuan, memiliki kecakapan, bernalar berkepekaan, dalam jiwa kemandirian, serta menjadi warga negara yang demokratis bertanggung jawab sebagai manusia yang mampu bernalar kritis. Riset bertujuan mendeskripsikan realitas nilai-nilai bernalar kritis elemen Profil Pelajar Pancasila pada wacana sastra Membaca Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Kajian menggunakan ancangan kualitatif deskriptif, dengan konsep dasar analitik-didaktis, teknis riset deskrifiti-kualitatif digunakan sebagai upaya pemahaman dan interpretasi nilai-nilai bernalar kritis yang terdapat dalam wacana membaca. Akumulasi bahan kajian menggunakan konsep telaah teks-konteks wacana, pendataan kajian meliputi nilai bernalar, berpikir kritis elemen kunci Profil Pelajar Pancasila, serta implikasi dan solusinya. Hasil riset menyatakan bahwa ditemukan aplikasi karakter nilai-nilai berpikir kritis dalam wacana Membaca Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah dasar Alam Sekitar.

Published
2023-10-22
How to Cite
HADI, Saptono; NADLIFAH, Risfa Fuadatun. Realitas Bernalar Kritis Elemen Profil Pelajar Pancasila Wacana Membaca Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 598-613, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/829>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.829.
Section
Social Education