Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri terhadap Minat Belajar Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 1 Driyorejo

The Influence Of The Family Environment and Self-Efficacy On The Interst In Studying Economics In Students Of State Senior High School 1 Driyorejo

  • Ayu Mas Rikha Universitas Negeri Surabaya
  • Heni Purwa Pamungkas Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari lingkungan keluarga lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat belajar ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Sumber data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan yaitu menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo, dengan Jumlah sample  sebesar 192. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: terdapat pengaruh (1. lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi. 2.efikasi diri terhadap minat belajar ekonomi. 3. Lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat belajar ekonomi).

Published
2023-07-28
How to Cite
RIKHA, Ayu Mas; PAMUNGKAS, Heni Purwa. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri terhadap Minat Belajar Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 492-499, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/784>. Date accessed: 13 june 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.784.
Section
Social Education