Pengembangan Media Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini untuk mengembangkan perangkat lunak sumber belajar Project Based Learning (PJBL) untuk siswa SD VI berupa media interaktif dengan menggunakan aplikasi desain grafis Canva dan PowerPoint pada mata pelajaran IPA beserta mata pelajaran manajemen. Sistem Surya SD di Negeri Tangunan Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carry. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah METER (Media Interaktif Mata Pelajaran IPA) berupa video interaktif yang merupakan sumber belajar mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil review oleh ahli materi yang dilakukan oleh ketua K3S Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, validasi pengembangan media interaktif mendapatkan rata-rata sebesar 4,70 (sangat baik). Sedangkan hasil review oleh ahli media dan desain yang dilakukan oleh 2 dosen dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, validasi pengembangan media media interaktif mendapatkan rata-rata sebesar 4,74 (sangat baik). Hasil review yang dilakukan oleh 2 orang guru kelas VI, kualitas media interaktif berbasis Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori sangat baik. Dari hasil pengujian guru kelas didapatkan hasil rata-rata skor sebesar 4,61 (sangat baik). Berdasarkan hasil pengujian kelompok kecil, kualitas media interaktif berbasis Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori sangat baik. Dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan hasil rata-rata skor 4,84 (sangat baik). Berdasarkan hasil pengujian kelompok besar, kualitas media interaktif berbasis Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori sangat baik. Dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan hasil rata-rata skor 4,78 (sangat baik).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.