Flip Book Digital Berbasis Aughmented Reality Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas V SDN Sumberjo 01 Kabupaten Blitar

  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Ala Khomaria Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Lana Diyani Aswitama Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Nurlaila Al Latif Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Melati Maulida Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Penelitian menciptakan suatu media pembelajaran berupa flipbook digital berbasis augmented reality yang digunakan untuk mengajarkan materi kubus dan balok kepada murid kelas V di SDN Sumberjo 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis, rancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.


Hasil dari validasi oleh pakar media menunjukkan tingkat keabsahan sebesar 82,5% dengan kriteria valid. Validasi oleh pakar materi menunjukkan tingkat keabsahan sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya, validasi oleh pakar bahasa menunjukkan tingkat keabsahan sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Uji coba daya tarik oleh pengguna (guru) menghasilkan tingkat daya tarik sebesar 75,0% dengan kriteria menarik, sedangkan uji coba daya tarik oleh murid menghasilkan tingkat daya tarik sebesar 98,8% dengan kategori sangat menarik.

Published
2023-07-29
How to Cite
FATIH, Mohamad et al. Flip Book Digital Berbasis Aughmented Reality Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas V SDN Sumberjo 01 Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 524-532, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/770>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.770.
Section
Science Education