The Effect of Parenting Styles and Student Perceptions of Economics Teachers' Professional Competence on Educational Interactions Economics Learning mediated through Self-Regulated Learning

  • Fildzah Aptanta Henanda Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Albrian Fiky Prakoso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Adanya hasil pengamatan yang dilakukan sebelumnya pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Driyorejo 2022/2023, bahwasannya belum secara menyeluruhnya siswa aktif dalam merespon pertanyaan yang diajukan dalam section tertentu oleh guru. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi interaksi edukatif dalam proses pembelajaran, yaitu peran orang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis pengaruh gaya pengasuhan orang tua dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap interaksi edukatif terutama dalam pembelajaran ekonomi dimediasi oleh self – regulated learning. Sampel pada penelitian ini digunakan dengan teknik sensus sejumlah 141 siswa XI Jurusan IPS. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM) berbantuan software WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi disumbangkan oleh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru sebesar 71,5% terhadap self – regulated learning dan 35,9% terhadap interaksi edukatif dalam pembelajaran ekonomi. Namun, hasil menunjukkan bahwa keberhasilan self – regulated learning sebagai pemediasi hanya terletak diantara pengaruh yang diberikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap interaksi edukatif dalam pembelajaran ekonomi. Untuk itu, diharapkan bagi beberapa komponen pendidikan untuk memberikan fokus utamanya pada peningkatan kompetensi profesional guru guna mewujudkan pembelajaran yang optimal kedepannya.

Published
2023-07-28
How to Cite
SARI, Fildzah Aptanta Henanda; PRAKOSO, Albrian Fiky. The Effect of Parenting Styles and Student Perceptions of Economics Teachers' Professional Competence on Educational Interactions Economics Learning mediated through Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 433-448, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/760>. Date accessed: 13 june 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.760.
Section
Social Education