Gerakan Literasi Komunitas Pojok Diskusi di Kota Pontianak pada Masa Pandemi COVID 19

  • Abd Kodir Prodi Antropologi Sosial, FISIP, Universitas Tanjungpura
  • Arkanudin Arkanudin Prodi Antropologi Sosial, FISIP, Universitas Tanjungpura
  • Agus Yuliono Prodi Antropologi Sosial, FISIP, Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Gerakan literasi Komunitas Pojok Diskusi Di Pontianak Pada Masa Pandemi COVID-19”. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tentang gerakan literasi yang di bangun oleh Komunitas Pojok Diskusi dalam membangun budaya literasi serta menjelaskan tentang tantangan dan dinamika yang di hadapi  Komunitas Pojok Diskusi di masa pandemi COVID-19. Penelitian menggunakan teori gerakan sosial (social movement) dalam menganalisis permasalahan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk metode kajian etnografi dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan cara obsevasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di Komunitas Pojok Diskusi Kalimantan Barat. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama Komunitas Pojok diskusi merupakan Komunitas yang berfokus pada pengembangan budaya literasi Pojok Diskusi memiliki strategi dan taktik dalam melakukan gerakan sosial, hal tersebut berupa kegiatan-kegiatan yang dibuat, jaringan yang dibangun, serta pendekata-pendekataan terhadap pihak luar. Kedua pada masa pandemi COVID-19  Komunitas Pojok Diskusi mengalami tantangan dan dinamika baru, hal tersebut disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dinamika serta tantangan tersebut menjadi suatu hal yang harus dihadapi oleh Komunitas Pojok Diskusi dalam dimensi gerakan sosial.

Published
2023-10-22
How to Cite
KODIR, Abd; ARKANUDIN, Arkanudin; YULIONO, Agus. Gerakan Literasi Komunitas Pojok Diskusi di Kota Pontianak pada Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 573-583, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/753>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.753.
Section
Social Education