Pengembangan Modul Ajar Menulis Teks Eksposisi Berbasis WISER Habit bagi Siswa SMA

  • Sri Wulan Ambarwati Universitas PGRI Adibuana
  • Ibut Priono Leksono Universitas PGRI Adibuana, Indonesia
  • Harwanto Harwanto Universitas PGRI Adibuana, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini  untuk mengetahui bagaimana proses dikembangkannya Modul ajar Menulis Teks Eksposisi. Penelitian pengembangan ini menggunakan Model ADDIE. Modul dikembangkan dengan mengintegrasikan aktfitas belajar yang terdiri atas Wonderring, Investigatting, Sinthesyzing,Expressing dan Reflexing (WISER) didalamnya. Dari Hasil penelitian diperoleh data bahwa  pada tahap validasi ahli yang terbagi Validasi Ahli Materi sebesar 92.33%, validasi Ahli Media sebesar 81 % dan Validasi Ahli Desain sebesar 93%. Sedangkan hasil analisis data dari uji coba produk menunjuk tingkat persentase kevalidan modul  sebesar 84% dengan kriteria Sangat valid  pada 12 siswa sebagai responden  uji kelompok kecil. Pada tahap ini juga tingkat ketuntasan belajar dari pos tes uji pemahaman materi mencapai 91.667%, sehingga modul dapat dikategorikan sangat praktis digunakan. Sedangkan pada uji coba kelompok besar diperoleh rerata persentase kevalidan modul sebesar 87% dengan kriteria sangat valid pada 36 siswa sebagai responden. Untuk uji pemahaman dari pos tes, diperoleh persentase ketercapaian ketuntatan belajar 90% sehingga modul juga dikategorikan samgat praktis untuk digunakan. Dari hasil angket respon 2 guru praktisi yang telah menerapkan modul di 2 kelas lainnya  juga diperoleh persentase skor sebesar 92% dengan kategori sangat valid sehingga tingkat kepraktisannya dapat disimpulkan sangat praktis untuk dipakai dalam pembelajaran Bahasa Indonesai Kelas X

Published
2023-07-28
How to Cite
AMBARWATI, Sri Wulan; LEKSONO, Ibut Priono; HARWANTO, Harwanto. Pengembangan Modul Ajar Menulis Teks Eksposisi Berbasis WISER Habit bagi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 369-383, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/726>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.726.
Section
Social Education