Pengembangan Video YouTube sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pengajaran Teks Prosedur

  • Hernina Dewi Lestari IKIP Budi Utomo
  • Maya Rizki Amalyasari IKIP Budi Utomo, Indonesia
  • Sri Fatmaning Hartatik IKIP Budi Utomo, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian menggunakan cara ADDIE yang meliputi Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Evaluasi (Evaluation), dan Finalisasi (Finalization). Hasil dari tahap analisa kebutuhan adalah para pebelajar masih belum memahami pengertian, struktur generik, dan ciri kebahasaan yang ada pada teks prosedur karena tidak adanya media pembelajaran yang relevan. Oleh sebab itu, media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja diperlukan sehingga para pebelajar dapat termotivasi dalam proses belajar mengajar yang dinamakan Video Pembelajaran Interaktif yang diunggah pada kanal YouTube untuk memudahkan para pebelajar dalam memahami teks prosedur.

Published
2023-07-28
How to Cite
LESTARI, Hernina Dewi; AMALYASARI, Maya Rizki; HARTATIK, Sri Fatmaning. Pengembangan Video YouTube sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pengajaran Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 481-491, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/721>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.721.
Section
Social Education