Pemafaatan Literasi Digital sebagai Upaya Penguatan Integrasi Nasional dalam Pembelajaran IPS pada Siswa di Sekolah

  • Reni Dwi Jayanti UNESA
  • Sarmini Sarmini UNESA
  • Sugeng Harianto UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan literasi digital sebagai upaya untuk menguatkaan rasa integrasi nasional pada siswa SMP melalui pembelajaran IPS. Fenomena yang diamati dalam penelitian ini adalah sejauh mana literasi digital yang banyak menampilkan isu SARA berpengaruh terhadap rasa intergrasai nasional siswa. Penelitian dilakukan di kelas XIF SMPN Negeri 1 Pogalan Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan literasi digital dlam pembelajaran IPS terbukti meningkatkan integrasi nasional di tengah isu SARA pada siswa kelas IXF SMPN 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan siswa yang sebagian besar menyatakan dengan adanya literasi digital mereka menjadi lebih memahami makna dari integrasi nasional serta sejauh apa penngaruhnya dengan adanya isu SARA yang masih menjadi isu sentral dalam perjalanan banngsa.

Published
2023-04-30
How to Cite
JAYANTI, Reni Dwi; SARMINI, Sarmini; HARIANTO, Sugeng. Pemafaatan Literasi Digital sebagai Upaya Penguatan Integrasi Nasional dalam Pembelajaran IPS pada Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 314-319, apr. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/716>. Date accessed: 13 june 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i2.716.
Section
Social Education