Pengaruh Model Learning Cycle 5E pada Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP

  • Anjung Dwi Dewi Milini Universitas Jember
  • Supeno Supeno
  • Ulin Nuha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMPN 7 Jember pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian dibagi menjadi kelas kontrol dan  kelas eksperimen yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji N Gain dan Paired T-Test. Berdasarkan hasil analisis uji N Gain, rata-rata nilai N Gain kelas eksperimen dengan model Learning Cycle 5E adalah 0,52 yang termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil N Gain maka model Learning Cycle 5E menunjukkan peningkatan yang sedang untuk kemampuan argumentasi ilmiah. Meskipun peningkatan tergolong sedang namun diperoleh perbedaan segnifikan antara hasil pretest dengan postest kelas eksperimen yang dibuktikan oleh hasil uji Paired T Test. Adapun hasil analisis Paired T-Test dengan nilai t hitung 12,809 > t tabel 2,04227, maka menurut pengambilan keputusan disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dengan postest kelas eksperimen.

Published
2024-01-30
How to Cite
MILINI, Anjung Dwi Dewi; SUPENO, Supeno; NUHA, Ulin. Pengaruh Model Learning Cycle 5E pada Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 8-16, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/706>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.706.
Section
Science Education