Bahasa Indonesia Implementasi Pendidikan Karakter dalam Masyarakat melalui Teknik Menyelipkan Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan di Grup Whatsapp “Suara Hati dalam Puisi”

-

  • Dewi Kusumaningsih University of Veteran Bangun Nusantara
  • Rizka Lulu Hanifah University of Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Muryati University of Veteran Bangun Nusantara
  • Wahyu Dini Septiari
  • Titik Sudiatmi

Abstract

Penggunaan kesantunan berbahasa yang benar akan timbul keharmonisan dalam pergaulan di lingkungan masyarakat. Komunikasi yang efektif dapat ditingkatkan dengan menekankan nilai sopan saat berkomunikasi. Di era modern ini, jika peserta tutur berada di tempat yang berbeda dan jauh maka mereka membutuhkan alat untuk menyampaikan suatu bahasa yaitu teknologi. Jenis media sosial yang saat ini popular di masyarakat adalah WhatsApp.  Dalam pemahaman tingkat tutur sering dijumpai materi pragmatik hanya dari dialog komunikasi antar penutur dalam berbagai percakapan yang sifatnya khusus. Level biasanya digunakan oleh kenalan dan orang yang merasa memiliki grade atau status sosial yang lebih tinggi daripada orang lain. Berurusan dengan kesantunan berbahasa digunakan dalam Whatsapp untuk menyampaikan informasi. Jadi, tujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan kesopanan bahasa di WhatsApp. Pertama percakapan yang bersifat umum hingga khusus dapat didapatkan pada WhatsApp. Kedua, semua informasi yang kami terima berbeda. Ketiga, pengguna WhatsApp dengan latar belakang dan usia yang berbeda menyebabkan adanya bentuk kalimat dalam bahasa yang berbeda.


 

Published
2023-04-30
How to Cite
KUSUMANINGSIH, Dewi et al. Bahasa Indonesia Implementasi Pendidikan Karakter dalam Masyarakat melalui Teknik Menyelipkan Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan di Grup Whatsapp “Suara Hati dalam Puisi”. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 225-237, apr. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/696>. Date accessed: 13 june 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i2.696.
Section
Social Education