Persepsi Mahasiswa PPG IAIN Pontianak Berdasarkan TAM terhadap LMS SPACE sebagai Media Pembelajaran

  • Firmansyah Firmansyah IAIN PONTIANAK

Abstract

Penggunaan teknologi khususnya LMS SPACE sebagai media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar pada prodi PPG tentu disatu sisi mempermudah penggunanya namun di sisi yang lain juga mempersulit, karena harus memiliki perangkat yang memadai, seperti laptop atau komputer, internet, jaringan yang kuat dan sebagainya. Oleh karena itu, penggunaan LMS SPACE sebagai media dalam proses pembelajaran harus memenuhi standar dalam memperkirakan penerimaan penggunanya diantaranya dengan model penerimaan Technology Acceptance Model atau dikenal dengan TAM. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem operasional dan persepsi Mahasiswa PPG IAIN Pontianak Berdasrkan TAM Terhadap LMS SPACE Sebagai Media Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan penyebaran google form secara online. Analisis data dilakukan dengan medeskripsikan data kuantitaif dari penyeberan google form kemudian memberikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sistem operasional LMS SPACE membutuhkan jaringan internet untuk mengaplikasinya dan alamatnya di searching pada https://ppg.siagapendis.com/. Aplikasi LMS SPACE mudah untuk diakses dimanapun, kapanpun dan dalam media apapun, lengkap dan memenuhi kebutuhan proses pembelajaran mahasiswa PPG, disamping itu LMS SPACE dapat membantu peningkatan kompetensi pedagogik guru karena mudah dipelajari, memiliki fitur lengkap sehingga mahasiswa termotivasi untuk mempelajarinya

Published
2023-07-27
How to Cite
FIRMANSYAH, Firmansyah. Persepsi Mahasiswa PPG IAIN Pontianak Berdasarkan TAM terhadap LMS SPACE sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 335-344, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/695>. Date accessed: 24 july 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.695.
Section
Science Education