Analisis Pembelajaran Sosiologi Model Interaksi Sosial Berbasis Media Aplikasi Microsoft Teams di Kelas XI IPS Mandarin SMA Kristen Immanuel Pontianak

  • Nini Ludianti Universitas Tanjungpura
  • Nuraini Asriati Universitas Tanjungpura
  • Riama Al Hidayah Universitas Tanjungpura
  • Yohanes Bahari Universitas Tanjungpura
  • Okianna Okianna Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran sosiologi model interaksi sosial berbasis media Microsoft Teams di kelas XI IPS Mandarin SMA Kristen Immanuel Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif naratif dengan menggunakan 7 orang informan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran sosiologi model interaksi sosial berbasis media Microsoft teams telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran sosiologi yang telah dirancang dan dalam proses pelaksanaannya telah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran interaksi sosial dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams sebagai media pembelajarannya,dan dalam penilaian hasil pembelajaran sosiologi guru melakukannya penilaian terhadap aspek afektif dan psikomotorik dengan langkah-langkah menyusun rencana evaluasi hasil belajar, menghimpun data, melakukan verifikasi data, mengolah data dan menganalisis data, memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan serta tindak lanjut hasil evaluasi.

Published
2023-07-27
How to Cite
LUDIANTI, Nini et al. Analisis Pembelajaran Sosiologi Model Interaksi Sosial Berbasis Media Aplikasi Microsoft Teams di Kelas XI IPS Mandarin SMA Kristen Immanuel Pontianak. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 326-335, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/687>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.687.
Section
Social Education