Snowball Throwing Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengatahuan Alam Kelas I Sekolah Dasar
Abstract
Peningkatan hasil pembelajaran IPA pada siswa siswa kelas I di SDN 3 Karangturi Kecamatan Munjungan sangat diperlukan untuk membentuk dan mengembangkan kemampuan diri siswa. Tujuan pengajaran IPA menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan, menumbuhkan kemampuan siswa, membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif, dan disiplin melalui peningkatan prestasi belajar IPA materi gerak benda melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian menggunakan penelitian tindakan (action research) dua siklus dengan tahap rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 Karangturi Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, khususnya siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil penelitian didapat siswa tuntas pada siklus I sebanyak 5 siswa (83%). Siswa tuntas pada siklus II adalah 6 siswa (100%) Berdasarkan data tersebut, maka dapat diketahui telah terjadi kenaikan siswa tuntas sebanyak 1 siswa (17%). Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 83 dan rata-rata kelas pada siklus II adalah 92. Berdasarkan data tersebut maka telah terjadi kenaikan rata-rata kelas sebesar 9.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.