Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Bola Voli melalui Metode Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas VII-B UPT SMPN 1 Srengat

indonesia

  • Soelistyawati Soelistyawati SMPN 1 SRENGAT

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain bola voli khususnya keterampilan servis bawah dengan menerapkan metode kooperatif  dengan tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui proses pembelajaran servis bawah bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII-B UPT SMPN 1 Srengat. Hasil pembelajaran kemampuan servis bawah menggunakan dengan teknik kooperatif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,26. Dengan nilai tertinggi sebesar 95,24 dan nilai terendah sebesar 57,14. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,65. Dengan nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 71,43. pembelajaran servis bawah bola voli permainan bola voli pada penelitian tindakan kelas ini telah memberikan dampak yang positif terhadap proses pembelajaran dan keterampilan siswa melakukan servis bawah permainan bola voli.

Published
2022-04-30
How to Cite
SOELISTYAWATI, Soelistyawati. Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Bola Voli melalui Metode Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas VII-B UPT SMPN 1 Srengat. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 344-350, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/508>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.508.