Peningkatan Prestasi Belajar PKn Materi Kewajiban dan Hak sebagai Warga di Rumah, Sekolah dan Masyarakat melalui Pembelajaran Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas V di SDN 2 Ngepeh Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek

  • Sadiyah Sadiyah SDN 2 Ngepeh Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran PKn adalah 1) belum tercapainya ketuntasan secara klasikal 2) masih rendahnya daya serap   anak.    3)  pembelajaran   terpusat pada guru  4) tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang secara mandiri dalam proses berpikir sehingga keaktifan    siswa selama proses pembelajaran masih rendah.  Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn Materi  Kewajiban Dan Hak Sebagai Warga Di Rumah, Sekolah Dan Masyarakat  melalui pembelajaran Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V  Semester 2 Tahun Pelajaran 2021-2022 Di SDN 2 Ngepeh Kecamatan Tugu   Kabupaten Trenggalek. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti menerapkan metode Snowball Throwing dengan harapan dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Ngepeh Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Model Pembelajaran Snowball Throwing (melempar bola) merupakan jenis pembelajaaran kooperatif yang didesain seperti permainan melempar bola. Metode ini bertujuan untuk memancing kreatifitas dalam membuat soal sekaligus menguji daya serap materi yang disampaikan oleh ketua kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar PKn materi   Kewajiban Dan Hak Sebagai Warga Di Rumah, Sekolah Dan Masyarakat  pada siswa kelas V  Semester 2 Tahun Pelajaran 2021-2022 di SDN 2  Ngepeh Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Kenaikan prestasi belajar tersebut ditunjukkan  siswa  yang belum tuntas  Pra Siklus 4647,  %,  Siklus I    26,67  % , Siklus II    0  %. Siswa yang  tuntas Pra Siklus  53,53  %, Siklus I  73,33  %, Siklus II 100 %.   Rata-rata  Pra Siklus 64,67  Siklus I  72,  Siklus II  81,33.  Ketuntasan Klasikal Pra Siklus 53,53 %, Siklus I  73,33 %, Siklus II 100.

Published
2022-04-30
How to Cite
SADIYAH, Sadiyah. Peningkatan Prestasi Belajar PKn Materi Kewajiban dan Hak sebagai Warga di Rumah, Sekolah dan Masyarakat melalui Pembelajaran Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas V di SDN 2 Ngepeh Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 333-338, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/505>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.505.