Peningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SDN 1 Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Suyitno Suyitno SDN 1 Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek

Abstract

Perencanaan program berfungsi untuk memberikan arah pelaksanaan pembelajaran sehingga menjadi terarah dan efisien. Salah satu bagian dari perencanaan pembelajaran yang sangat penting dibuat oleh guru sebagai pengarah pembelajaran adalah silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan melihat pentingnya penyusunan perencanaan pembelajaran ini, guru semestinya tidak mengajar tanpa adanya rencana. Namun sayang perencanaan pembelajaran yang mestinya dapat diukur oleh kepala sekolah ini, tidak dapat diukur oleh kepala sekolah karena hanya direncanakan dalam pikiran sang guru saja. Akibatnya kepala sekolah sebagai pembuat kebijakan di sekolah tidak dapat mengevaluasi kinerja guru secara akademik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti yang berkedudukan sebagai kepala sekolah di atas merencanakan untuk melakukan supervise akademik yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan yakni untulk memperoleh gambaran obyektif tentang peningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di SDN 1 Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang dilakukan peneliti adalah dengan melaksanakan supervise akademik yang meliputi supervise tradisional dan supervise klinis. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru-guru di SDN 1 Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek, sejumlah 8 orang guru, terdiri atas 2 orang guru PNS, dan 6 orang guru Non PNS. Supervisi akademik secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SDN 1 Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus guru yang baik dari 25,00% menjadi 50,00% setelah supervise akademik pada siklus I dan 100% pada siklus ke dua. Selain itu jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 12,50% menjadi 62,50% pada siklus I dan 87,50% pada siklus ke dua.

Published
2022-04-30
How to Cite
SUYITNO, Suyitno. Peningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SDN 1 Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 320-326, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/500>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.500.