Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Model Pembelajaran Question Student Have pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Cipayung Kota Depok

  • Isroyati Isroyati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Fitri Senny Hapsari Indraprasta PGRI University of Jakarta
  • Aliffia Teja Prasasty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran question student have, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V MI Alhidayah Cipayung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode question student have dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan pada perolehan hasil keterampilan bertanya dengan mengacungkan tangan meningkat sebesar 48%. Keterampilan bertanya dengan tulisan meningkat sebesar 49%. Keterampilan bertanya dengan sesama teman meningkat sebesar 63%. Keterampilan bertanya antar kelompok yang mengalami peningkatan sebesar 43%. 

Published
2022-04-30
How to Cite
ISROYATI, Isroyati; HAPSARI, Fitri Senny; PRASASTY, Aliffia Teja. Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Model Pembelajaran Question Student Have pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Cipayung Kota Depok. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 315-319, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/499>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.499.