Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Lagu Nasional Bhineka Tunggal Ika untuk Pembelajaran PPKn SMA/SMK/MA

  • Amalia Khoirul Yunifa Universitas Islam Balitar
  • M. Iqbal Baihaqi Universitas Islam Balitar
  • Minto Santoso Universitas Islam Balitar

Abstract

Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan membawa banyak perubahan pada proses pembelajaran di sekolah terutama pada pelajaran PPKn. Berdasarkan hasil wawancara diperlukan media pembelajaran yang efektif bisa digunakan dimana saja dan kapan saja dan guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi tentang ancaman di bidang Ipoleksosbudhankam dan strategi mengatasinya dalam bingkai bhineka tunggal ika . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video interaktif berbasis lagu nasional yang layak. Dalam kegiatan pembelajaran saat ini diperlukan pembiasaan menyanyikan lagu nasional agar dapat menambah semangat belajar. Jenis penelitian pengembangan RnD yang telah dikembangkan oleh Sugiono dengan tujuh langkah yaitu (1) mencari potensi dan masalah di 8 sekolah SMA/SMK/MA di kota dan kabupaten Blitar, (2) Melakukan penelitian dan pengumpulan dengan melakukan wawancara guru PPKn, (3) desain produk dilakukan dengan merencanakan isi produk, (4) Validasi desain dilakukan oleh 9 validator yang terdiri dari masing-masing 3 validator materi, 3 validator media dan 3 validator bahasa, (5) Revisi desain dilakukan berdasarkan saran ahli, (6) Uji coba terbatas dilakukan oleh 10 guru PPKn kelas XI, (7) revisi produk berdasarkan saran guru. Instrumen pada penelitian ini adalah angket keterbacaan. Hasil validasi dari validator ahli materi 81,4%, ahli media 87%, dan ahli bahasa 93,6%. Hasil angket keterbacaan guru memperoleh presentase 85,7%.

Published
2022-04-30
How to Cite
YUNIFA, Amalia Khoirul; BAIHAQI, M. Iqbal; SANTOSO, Minto. Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Lagu Nasional Bhineka Tunggal Ika untuk Pembelajaran PPKn SMA/SMK/MA. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 307-314, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/495>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.495.