Etika Guru dan Siswa untuk Membangun Hubungan Interpersonal dalam Pendidikan (Telaah Kitab Taisirul Khalaq)

  • Ahmad Sholeh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang etika yang seharusnya dilakukan oleh guru dan siswa dalam hubungan interpersonalnya di proses pendidikan dengan menelaah kitab taisirul khollaq. Penelitian ini merupakan (library research yakni suatu penelitian berdasarkan data dari buku-buku atau literatur yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh dari dua sumber yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif filsafati. Hasilnya adalah 1. Bila seorang guru mempunyai perilaku yang baik, maka para siswanya akan mempunyai sikap dan perilaku yang baik pula. Oleh karena itu seorang guru harus beretika dalam berhubungan interpersonal dengan siswanya. di antara etika yang terdapat di kitab taisirul khollaq yang perlu dipegang teguh oleh guru dalam berinteraksi di proses pendidikan adalah; a. Menunjukkan sikap bertaqwa dan ramah, harus sabar dan berwibawa, bersikap kasih sayang, Selalu memberi nasehat dan bimbingan kearah kebaikan dan Tidak memberi paksaan kepada siswa. 2. Para siswa harus beretika dalam menuntut ilmu. Etika siswa untuk membangun hubungan interpersonal yang harmonis dalam proses pembelajaran yang dijelaskan di dalam kitab taisirul khollaq itu dibagi menjadi 3 kategori, a. etika siswa terhadap dirinya sendiri, b. etika siswa terhadap gurunya dan c. etika siswa terhadap teman sejawatnya.

Published
2022-04-30
How to Cite
SHOLEH, Ahmad. Etika Guru dan Siswa untuk Membangun Hubungan Interpersonal dalam Pendidikan (Telaah Kitab Taisirul Khalaq). Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 287-293, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/486>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.486.