Peningkatan Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Disleksia dengan Media Flashcard

  • Rifqi Hayyinul Ula Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Andajani Universitas Negeri Malang
  • Titik Harsiati Universitas Negeri Malang

Abstract

Kemampuan anak disleksia dalam menulis masih rendah. Media flashcard dapat meningkatkan kemampuan anak disleksia dalam kegiatan menulis kata dasar dan kata berimbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menggambarkan peningkatan kemampuan menulis kata dasar anak disleksia dengan media flashcard, (2) menggambarkan peningkatan kemampuan menulis kata berimbuhan dengan media flashcard. Penelitian ini dilakukan secara khusus dan berulang-ulang (drilling). Jenis ini penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan secara bersiklus. Peningkatan kemampuan menulis kata dasar dilaksanakan dalam tiga siklus, sedangkan peningkatan kemampuan menulis kata imbuhan dilksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah seorang  anak disleksia usia 8 tahun. Berdasarkan data dari pengamatan, hasil tes, dan angket yang diberikan bahwa dengan menggunakan media flashcard, kemampuan menulis kata dasar dan kata berimbuhan pada anak disleksia meningkat. Pencapaian nilai pada kemampuan menulis kata dasar meningkat sebesar 77,5 sedangkan kemampuan menulis pada kata berimbuhan meningkat sebesar 65.  Hal ini menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan kemampuan menulis anak disleksia.

Published
2022-04-30
How to Cite
ULA, Rifqi Hayyinul; ANDAJANI, Kusubakti; HARSIATI, Titik. Peningkatan Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Disleksia dengan Media Flashcard. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 273-280, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/480>. Date accessed: 06 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.480.