Paradigma Guru Pamong terhadap Pola Pendidikan Ala Pandemi Covid Omicron

  • Saptono Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Yulia Tutik Nurfia Universitas Ibrahimy, Indonesia
  • Alfin Luluk Camalia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Enggal Chairadi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Merebaknya pandemic dan permasalahan daring berdampak pada dunia pendidikan anak usia dini. Penelitian bertujuan mengidentifikasi pembelajaran dari rumah, keefektifannya, dampak sistem pembelajaran, dan pembelajaran selama belajar dari rumah selama pandemi Covid Omicron. Penelitian kualitatif, desain rancangan silang (cross sectional), subjek guru pamong Gugus Talun. Penjaringan melalui wawancara, koesener, dan kartu pencatatan lapangan, analisis data menggunakan teknik analisis diskursif: angket, dianalis, dan diinterpretasikan. Hasil kajian menyatakan pembelajaran dari rumah sebagai upaya keselamatan dan kesehatan bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan semua warga satuan pendidikan; pembelajaran daring kurang efektif, dan optimal sebagai akibat ketidaksiapan lembaga-masyarakat didik pendidikan anak usia dini.

Published
2022-04-30
How to Cite
HADI, Saptono et al. Paradigma Guru Pamong terhadap Pola Pendidikan Ala Pandemi Covid Omicron. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 251-264, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/478>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.478.