Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Keragaman Suku Budaya di Sekolah Dasar Kelas V

  • Lulu Febriany Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumardi Sumardi
  • Pidi Mohamad Setiadi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Resa Respati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Abstract

Abstrak: Media Pelajaran menjadi hal yang sangat dibutuhkan dari kegiatan belajar mengajar. Media pelajaran dapat membantu kegiatan belajar mengajar dengan baik. Namun saat ini pandemi COVID-19 yang belum usai membuat kegiatan belajar mengajar tidak berjalan dengan sebaik baiknya dikarenakan kegiatan Belajar Mengajar hampir 75% dijalankan secara tatap muka. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi untuk pembelajaran dengan membuat pengembangan Produk berupa Aplikasi Android yang dapat digunakan secara mandiri oleh guru dan siswa di rumah maupun disekolah untuk kegiatan belajar mengajar. Produk yang dikembangkan ini dikhususkan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam materi Keanekaragaman Suku Budaya di Sekolah Dasar kelas V. metode penelitian yang digunakan pada saat peneliti menggunakan Metode Desain Based  Research (DBR) yaitu melkukan tahapan identifikasi, wawancara, memberikan solusi terhadap permasalahan, pengembangan produk, valiudasi oleh para ahli, melihat respon siswa terhadap penggunaan media belajar, serta melakukan refleksi terhadap produk yang telah dikembangkan. Nama Produk yang telah tersaji adalah Ruang Belajar. Ruang Belajar dapat digunakan dengan cara mendownload melalui google drive atau file yang dikirim melalui WhatsApp. Sehingga aplikasi bisa dijadikan media belajar dalam jangka Panjang untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar kelas V.

Published
2022-04-30
How to Cite
FEBRIANY, Lulu et al. Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Keragaman Suku Budaya di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 214-225, apr. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/474>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.474.