Penggunaan Buku Panduan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII D MTs Al-Ikhlas Bontang
Penggunaan Buku Panduan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII D MTs Al-Ikhlas Bonta
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, (1) peningkatan keterampilan menulis teks fantasi, (2) efektivitas penggunaan buku panduan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi denggan menggunakan buku panduan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D MTs Al Ikhlas Bontang berjumlah 20 siswa. Peneliti memperoleh data dari teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes keterampilan menulis teks cerita fantasi. Teknik nontes diperoleh dari observasi guru. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks cerita fantasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan buku panduan. Secara proses keberhasilan proses pembelajaran ini ditunjukkan dengan peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi yang terlihat perubahannya dari tahap siklus I ke tahap siklus II.
Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai pada tiap aspek. Nilai rata-rata tes keterampilan menulis teks cerita pendek pada siklus I di pertemuan I rata-rata kelas 69,75 mengalami peningkatan pada pertemuan kedua menjadi 73,9 atau kategori kurang. Rata-rata kelas pada siklus II pertemuan pertama 80,4 meningkat menjadi 85,8 di pertemuan kedua.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.